bahwa dalam rangka peningkatan standar kualitas pelayanan kepada pengguna dalam penyelenggaraan jasa teleponi dasar pada jaringan tetap mobilitas terbatas perlu ditetapkan parameter standar kualitas pelayanan serta tolok ukurnya;
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a, perlu menetapkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang Standar Kualitas Pelayanan Jasa Teleponi Dasar pada Jaringan Tetap Mobilitas Terbatas;
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor : 154, Tambahan Lembaran Republik Indonesia Negara Nomor : 3881);
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor : 107, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor : 3980);
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 94 Tahun 2006;
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 10 Tahun 2005 tentang Unit Organisasi dan Tugas Eselon I Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 72 Tahun 2007;
Keputusan Menteri Nomor : KM. 20 Tahun 2001 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 06/P/M .KOM I N F 0/04/2008 ;
Keputusan Menteri Nomor : KM. 21 Tahun 2001 tentang Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi, sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 07/P/M.KOMINFO/04/2008;
Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor : 01/P/M.Kominfo/4/2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Komunikasi dan Informatika;
Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 03/P/M.Kominfo/5/2005 tentang Penyesuaian Kata Sebutan pada Beberapa Keputusan/Peraturan Menteri Perhubungan yang Mengatur Materi Muatan Khusus di Bidang Pas dan Telekomunikasi;
PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA TENTANG STANDAR KUALITAS PELAYANAN JASA TELEPONI DASAR PADA JARINGAN TETAP MOBILITAS TERBATAS.
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan :
Kinerja Tagihan adalah durasi waktu dalam menyelesaikan keluhan terkait tagihan pelanggan pasca bayar yang dicerminkan dalam jumlah keluhan atas tagihan pelanggan yang diselesaikan dalam Kurun waktu tertentu yang meliputi pembayaran yang dikredit salah atau tidak dikredit, tagihan ganda, deposit yang tidak dikembalikan, penyalahgunaan, dan kesalahan lainya mengenai tagihan, namun tidak termasuk layanan yang terkait dengan pihak ketiga.
Pemenuhan Permohonan Aktivasi Pelanggan adalah waktu yang dibutuhkan penyelenggara jasa mulai dari persetujuan aktivasi pelanggan hingga layanan tersedia setelah syarat-syarat dipenuhi.
Keluhan Umum Pelanggan adalah jumlah keluhan yang diterima terkait masalah pelayanan termasuk tidak adanya aktivasi layanan atau aktivasi layanan yang terlambat setelah penyampaian keluhan, gangguan kualitas sambungan, pelayanan yang tidak profesional dan keluhan-keluhan lain yang terkait layanan terhadap pelanggan.
Service Level Call Center Layanan Pelanggan adalah kecepatan operator Call Center dalam menjawab panggilan pengguna layanan yang meminta layanan sejak pelanggan memilih menu berbicara dengan operator.
Tingkat Laporan Gangguan Layanan adalah besarnya jumlah laporan gangguan layanan yang disampaikan pelanggan.
Endpoint Service Availability Performance adalah ketersediaan dari panggilan-panggilan efektif baik untuk sambungan panggilan dalam jaringan penyelenggara jasa sendiri maupun sambungan panggilan antar jaringan yang dapat terjadi dan dipertahankan antara dua perangkat akses mobilitas terbatas.
Perangkat akses mobilitas terbatas adalah perangkat untuk mengakses suatu jaringan radio dalam salah satu pita frekuensi mobilitas terbatas.
Dropped call adalah panggilan yang berhasil dilakukan namun tiba-tiba terputus.
Blocked call adalah panggilan yang tidak dapat tersambung yang diakibatkan adanya gangguan pada Jaringan Tetap Mobilitas Terbatas.
Kinerja Layanan Pesan Singkat adalah prosentase jumlah pesan singkat terkirim dengan interval waktu tertentu antara pesan dikirim dan pesan diterima.
Pemakai adalah perseorangan, badan hukum, instansi pemerintah yang menggunakan jasa pada Jaringan Tetap Mobilitas Terbatas yang tidak berdasarkan kontrak.
Pelanggan adalah perseorangan, badan hukum, instansi pemerintah yang menggunakan jasa pada Jaringan Tetap Mobilitas Terbatas yang berdasarkan kontrak.
Pengguna adalah pemakai dan pelanggan.
Hari kerja adalah hari Senin sampai dengan Jumat, kecuali hari libur umum 1 nasional.
Jam sibuk adalah setiap jam dalam suatu periode sibuk antara jam 9 sampai jam 12 dan antara jam 14 dan jam 17 sesuai waktu setempat pada suatu hari kerja.
Penyelenggara jasa adalah penyelenggara jasa pada jaringan tetap mobilitas terbatas yang memberikan layanan yang meliputi salah satu atau gabungan dari penyelenggara teleponi dasar atau jasa-jasa lain melalui jaringan tetap mobilitas terbatas.
Jasa pada jaringan tetap mobilitas terbatas adalah layanan yang meliputi salah satu atau gabungan dari penyelenggaraan-teleponi dasar atau jasa-jasa lain melalui jaringan tetap mobilitas terbatas, termasuk sarana atau jaringan yang mendukungnya.
Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang dapat terjadi sewaktu-waktu, tidak dapat diduga dan untuk di luar kemampuan manusia dengan segala daya serta upaya untuk mengatasinya seperti : bencana alam , pemberontakan, huru-hara, perang, kebakaran, sabotase, dan pemogokan umum.
Pihak Ketiga adalah Pihak selain penyelenggara jasa dan pelanggan.
BRTI adalah Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.
Setiap penyelenggara jasa teleponi dasar pada jaringan tetap mobilitas terbatas wajib memenuhi standar kualitas pelayanan dan kinerja jaringan sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri ini.
Setiap penyelenggara jasa teleponi dasar pada jaringan tetap mobilitas terbatas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib membuat perjanjian Service Level Agreement (SLA) dengan penyelenggara jasa lain atau penyelenggara jaringan lain yang terhubung untuk menjamin pemenuhan standar kualitas pelayanan dan kinerja jaringan sesuai ketentuan Peraturan Menteri ini.
Prosentase keluhan atas akurasi tagihan dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tagihan harus < 5% dari jumlah seluruh tagihan pada bulan tersebut.
Perhitungan prosentase keluhan atas akurasi tagihan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :Jumlah keluhan atas akurasi tagihan selama satu bulan tagihan/Jumlah seluruh tagihan selama satu bulan × 100%
Prosentase penyelesaian keluhan atas akurasi tagihan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 harus > 90% dari total keluhan atas akurasi tagihan.
Penyelesaian keluhan atas akurasi tagihan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib diselesaikan dalam jangka waktu 15 (lima belas) hari kerja terhitung sejak keluhan diterima.
Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak berlaku untuk keluhan atas akurasi tagihan yang timbul terkait dengan Pihak Ketiga
Prosentase penyelesaian keluhan atas akurasi charging pra bayar harus > 90% dari total keluhan atas akurasi charging pra bayar.
Penyelesaian keluhan atas akurasi charging pra bayar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib diselesaikan dalam jangka waktu 15 (lima belas) hari kerja terhitung sejak keluhan diterima.
Sepuluh persen (10%) dari total keluhan atas akurasi charging pra bayar yang belum terselesaikan dalam jangka waktu 15 (lima belas) hari kerja harus diselesaikan seluruhnya.
Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak berlaku untuk keluhan atas akurasi charging pra bayar yang timbul terkait dengan Pihak Ketiga.
Perhitungan Prosentase penyelesaian keluhan tagihan atas akurasi charging pra bayar didasarkan pada rasio sebagai berikut :Jumlah keluhan tagihan yang diselesaikan dalam 1 periode/Jumlah keluhan tagihan yang diterima dalam 1 periode tagihan × 100%
Penyelenggara jasa wajib memelihara rekaman data prosentase penyelesaian keluhan tagihan untuk setiap periode tagihan dan menyimpannya selama 3 (tiga) bulan.
Pemenuhan permohonan aktivasi dilakukan terhadap :
calon pelanggan pasca bayar;
calon pemakai pra bayar.
Prosentase pemenuhan permohonan aktivasi yang dilakukan oleh penyelenggara jasa terhadap calon pelanggan pasca bayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf a, dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja terhitung sejak disetujuinya permohonan aktivasi pasca bayar harus > 90% dari total permohonan aktivasi pasca bayar.
Persyaratan permohonan aktivasi pasca bayar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mencakup verifikasi alamat dan kelengkapan dokumen.
Prosentase pemenuhan permohonan aktivasi yang dilakukan oleh penyelenggara jasa terhadap calon pelanggan pra bayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf b, dalam interval waktu 24 (dua puluh empat) jam terhitung sejak diselesaikannya proses registrasi pra bayar dan diterima secara lengkap oleh penyelenggara jasa harus > 98% dari total permohonan aktivasi pra bayar.
Sepuluh persen (10%) dari permohonan aktivasi pasca bayar yang tidak terselesaikan dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja dan 2% dari permohonan aktivasi pra bayar yang tidak terselesaikan dalam interval waktu 24 (dua puluh empat) jam harus diselesaikan seluruhnya.
Perhitungan prosentase pemenuhan permohonan aktivasi pasca bayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :Jumlah permohonan aktivasi pasca bayar terpenuhi dalam 12 bulan/Jumlah seluruh permohonan aktivasi dalam 12 bulan × 100%
Perhitungan prosentase pemenuhan permohonan aktivasi pra bayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (2) didasarkan pada rasio sebagai berikut :Jumlah permohonan aktivasi pra bayar terpenuhi dalam 12 bulan/Jumlah seluruh permohonan yang sudah registrasi dalam 12 bulan × 100%
Permohonan aktivasi pasca bayar tidak dimasukkan dalam perhitungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 apabila terjadi :
kesalahan pemberian alamat oleh pelanggan;
kerusakan pada fasilitas jaringan akibat Force Majeure;
kerusakan pada fasilitas jaringan akibat pihak ketiga;
pelanggan membatalkan atau menunda permohonan;
fasilitas jaringan belum tersedia.
kerusakan pada terminal pelanggan.
Prosentase penanganan keluhan umum pelanggan yang ditanggapi dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan harus > 85% dari total keluhan pelanggan yang diterima.
Perhitungan prosentase penanganan keluhan umum pelanggan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut.Jumlah seluruh keluhan yang ditanggapi selama 12 bulan/Jumlah seluruh keluhan yang diterima selama 12 bulan × 100%
Tingkat laporan gangguan layanan yang dinyatakan dalam jumlah laporan gangguan layanan untuk setiap 1000 (seribu) pelanggan harus < 50 laporan dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan.
Laporan gangguan layanan tidak dimasukkan dalam perhitungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 apabila terjadi :
kerusakan perangkat pelanggan;
gangguan karena perbuatan penyedia layanan lain;
panggilan yang tidak berhubungan dengan laporan gangguan layanan.
Prosentase jawaban operator call center terhadap panggilan pelanggan dalam interval waktu 30 Olga puluh) detik harus > 75% dari total panggilan yang diterima.
Jawaban operator call center terhadap panggilan pelanggan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dihitung sejak pelanggan menekan menu berbicara dengan operator.
Perhitungan prosentase jawaban operator call center terhadap panggilan pelanggan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :Panggilan yang dijawab dalam 30 detik/ Jumlah panggilan yang diterima - jumlah panggilan terputus dalam 5 detik × 100%
Jawaban operator call center terhadap panggilan pelanggan tidak dimasukkan dalam perhitungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) apabila terjadi :
kerusakan pada fasilitas jaringan karena force majeure seperti gempa bumi dan banjir.
kekurangan kapasitas call center karena operator- tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya akibat force majeure.
Penyelenggara jasa wajib memelihara rekaman data perhitungan prosentase jawaban operator call center terhadap panggilan pelanggan setiap bulan dan menyimpannya selama 3 (tiga) bulan.
Prosentase jumlah panggilan yang tidak mengalami dropped call dan blocked call pada jaringan tetap mobilitas terbatas milik penyelenggara jasa (on net) harus > 90%.
Perhitungan prosentase jumlah panggilan yang tidak mengalami dropped call dan blocked call sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :Jumlah panggilan yang dicoba, jumlah dropped calls, jumlah blocked calls/ Jumlah panggilan yang dicoba.× 100%
Prosentase dropped call untuk panggilan dalam jaringan milik penyelenggara jasa (on net) harus < 5%.
Metode perhitungan prosentase dropped call sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :Jumlah dropped call/ Jumlah panggilan yang dicoba × 100%
Metode perhitungan endpoint service availability yang dilakukan oleh penyelenggara jasa adalah sebagai berikut :
perhitungan dalam jaringan milik penyelenggara jasa dilakukan pada hari kerja dengan uji statik dan system drive test sebagai berikut 50 : 50.
Pengukuran antar jaringan dilakukan pada hari kerja dengan uji statik.
Durasi rangkaian pengujian untuk uji statik dan drive test dilakukan selama GO (enam puluh) detik dengan interval waktu antar panggilan tidak boleh lebih dari 10 (sepuluh) detik yang diatur pada alat ukur.
Perhitungan prosentase antar jaringan, terminating end point harus berada pada nomor uji yang tertempel pada suatu mobile switching center.,
Uji statik dilakukan sebagai berikut :
uji dilakukan dengan posisi tidak bergerak dalam wilayah yang dapat diakses publik yang berada dalam wilayah cakupan penyelenggara jasa;
pengukuran harus didasarkan pada test call sampling pada hari-hari kerja.
ukuran sampel minimum adalah sebanyak 200 test call.
Sistem drive test adalah sebagai berikut :
pengujian dilakukan ketika berkendaraan di jalan utama dan daerah perdagangan dan pemukiman padat penduduk;
jumlah sampel untuk pengujian sebagaimana dimaksud pada huruf a ditentukan sebanyak minimum 260 (dua ratus enam puluh) panggilan uji (test call) atau sebanyak panggilan yang dilakukan selama waktu berkendaraan selama 5 (lima) jam dengan interval waktu 10 (sepuluh) detik;
antena perangkat bergerak yang memanggil dan yang menerima harus ditempatkan pada ketinggian yang sama dan dalam kendaraan yang sama.
Dalam hal penyelenggara jasa menyelenggarakan layanan pesan singkat maka prosentase jumlah pesan singkat yang berhasil dikirim dengan interval waktu antara pengiriman dan penerimaannya tidak lebih dari 3 (tiga) menit harus > 75% dari pesan singkat yang terkirim antar jaringan.
Perhitungan prosentase jumlah pesan singkat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :Jumlah pesan singkat yang terkirim dalam 3 menit/ Jumlah pesan singkat yang terkirim dalam periode waktu pengujian × 100%
Perhitungan kinerja layanan pesan singkat diberlakukan pada jam sibuk baik dalam jaringan penyelenggara jasa yang sama dengan menggunakan pengujian secara sampling.
Perhitungan kinerja layanan pesan singkat dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) handset yang memiliki spesifikasi teknis yang sama dengan penempatan handset di lokasi statis dan kekuatan signal yang penuh serta mengacu pada hasil drive test.
Penggunaan 2 (dua) handset sebagaimana dimaksud pada ,ayat (1), dengan ketentuan 1 (satu) handset untuk mengirimkan pegan singkat, sedangkan 1 (satu) handset yang lain untuk menerima pesan singkat.
Jumlah sampel pesan singkat „paling banyak 100 (seratus) pesan singkat.
Interval waktu antara setiap pesan singkat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah 10 (sepuluh) menit.
Jumlah maksimum karakter dalam setiap pengiriman pesan singkat adalah 160 (seratus enam puluh) karakter.
Penyelenggara jasa wajib menyimpan seluruh rekaman data perhitungan parameter standar kualitas pelayanan dan wajib melaporkan pencapaian standar kualitas pelayanan kepada BRTI.
Laporan pencapaian standar kualitas pelayanan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sudah harus diserahkan kepada BRTI paling lambat 6 (enam) minggu terhitung sejak tanggal 31 Desember sebagai masa akhir periode laporan.
Laporan pencapaian standar kualitas pelayanan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 harus sesuai format sebagaimana dimaksud Lampiran Peraturan Menteri ini.
Laporan pencapaian standar kualitas pelayanan sebagaimana dimaksud ayat (1) harus disertai dengan pernyataan bahwa laporan yang dibuat adalah benar dan akurat serta ditandatangani oleh direktur utama di atas materai cukup.
BRTI harus mempublikasikan pencapaian standar kualitas pelayanan penyelenggara jasa sesuai ketentuan Peraturan Menteri ini.
Penyelenggara jasa wajib mempublikasikan pencapaian standar kualitas pelayanan dalam situs resmi masing-masing dan setiap tiga (3) bulan diperbaharui.
Untuk memverifikasi akurasi laporan pencapaian standar kualitas pelayanan penyelenggara jasa, BRTI dapat melakukan penilaian.
Tatacara pelaksanaan penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dalam Peraturan Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi.
Setiap penyelenggara jasa 'Ong tidak memenuhi ketentuan parameter standar kualitas pelayanan sesuai tolok ukur sebagaimana dimaksud dalam Lampiran Peraturan Menteri ini dikenakan sanksi denda yang besarannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Mekanisme pengenaan sanksi denda sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dalam Peraturan Menteri tersendiri.
Sanksi denda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32 tidak menghilangkan kewajiban penyelenggara jasa untuk memberikan kompensasi terhadap kerugian yang dialami oleh pelanggan akibat kelalaian penyelenggara jasa dalam memenuhi standar kualitas pelayanan.
BRTI memberikan penghargaan kepada penyelenggara jasa yang memenuhi standar kualitas pelayanan.
Penghargaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa pengumuman pencapaian standar kualitas pelayanan penyelenggara dan pemberian sertifikat penghargaan.
Dengan berlakunya Peraturan Menteri ini, maka ketentuan kinerja layanan dan kinerja jaringan sebagaimana dimaksud dalam setiap izin penyelenggaraan jasa teleponi dasar pada jaringan tetap mobilitas terbatas dinyatakan tidak berlaku dan wajib mengacu pada standar kualitas pelayanan yang diatur dalam ketentuan Peraturan Menteri ini.
Peraturan Menteri ini mulai berlaku setelah 3 (tiga) bulan sejak tanggal ditetapkan.
PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
NOMOR 13/PER/M.KOMINFO/04/2008 TAHUN 2008
TENTANG
STANDAR KUALITAS PELAYANAN JASA TELE[PONI DASAR PADA JARINGAN TETAP MOBILITAS TERBATAS
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA,
menimbang
bahwa dalam rangka peningkatan standar kualitas pelayanan kepada pengguna dalam penyelenggaraan jasa teleponi dasar pada jaringan tetap mobilitas terbatas perlu ditetapkan parameter standar kualitas pelayanan serta tolok ukurnya;
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a, perlu menetapkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang Standar Kualitas Pelayanan Jasa Teleponi Dasar pada Jaringan Tetap Mobilitas Terbatas;
mengingat
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor : 154, Tambahan Lembaran Republik Indonesia Negara Nomor : 3881);
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor : 107, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor : 3980);
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 94 Tahun 2006;
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 10 Tahun 2005 tentang Unit Organisasi dan Tugas Eselon I Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 72 Tahun 2007;
Keputusan Menteri Nomor : KM. 20 Tahun 2001 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 06/P/M .KOM I N F 0/04/2008 ;
Keputusan Menteri Nomor : KM. 21 Tahun 2001 tentang Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi, sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 07/P/M.KOMINFO/04/2008;
Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor : 01/P/M.Kominfo/4/2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Komunikasi dan Informatika;
Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 03/P/M.Kominfo/5/2005 tentang Penyesuaian Kata Sebutan pada Beberapa Keputusan/Peraturan Menteri Perhubungan yang Mengatur Materi Muatan Khusus di Bidang Pas dan Telekomunikasi;
memperhatikan
memutuskan
menetapkan
PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA TENTANG STANDAR KUALITAS PELAYANAN JASA TELEPONI DASAR PADA JARINGAN TETAP MOBILITAS TERBATAS.
BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan :
Kinerja Tagihan adalah durasi waktu dalam menyelesaikan keluhan terkait tagihan pelanggan pasca bayar yang dicerminkan dalam jumlah keluhan atas tagihan pelanggan yang diselesaikan dalam Kurun waktu tertentu yang meliputi pembayaran yang dikredit salah atau tidak dikredit, tagihan ganda, deposit yang tidak dikembalikan, penyalahgunaan, dan kesalahan lainya mengenai tagihan, namun tidak termasuk layanan yang terkait dengan pihak ketiga.
Pemenuhan Permohonan Aktivasi Pelanggan adalah waktu yang dibutuhkan penyelenggara jasa mulai dari persetujuan aktivasi pelanggan hingga layanan tersedia setelah syarat-syarat dipenuhi.
Keluhan Umum Pelanggan adalah jumlah keluhan yang diterima terkait masalah pelayanan termasuk tidak adanya aktivasi layanan atau aktivasi layanan yang terlambat setelah penyampaian keluhan, gangguan kualitas sambungan, pelayanan yang tidak profesional dan keluhan-keluhan lain yang terkait layanan terhadap pelanggan.
Service Level Call Center Layanan Pelanggan adalah kecepatan operator Call Center dalam menjawab panggilan pengguna layanan yang meminta layanan sejak pelanggan memilih menu berbicara dengan operator.
Tingkat Laporan Gangguan Layanan adalah besarnya jumlah laporan gangguan layanan yang disampaikan pelanggan.
Endpoint Service Availability Performance adalah ketersediaan dari panggilan-panggilan efektif baik untuk sambungan panggilan dalam jaringan penyelenggara jasa sendiri maupun sambungan panggilan antar jaringan yang dapat terjadi dan dipertahankan antara dua perangkat akses mobilitas terbatas.
Perangkat akses mobilitas terbatas adalah perangkat untuk mengakses suatu jaringan radio dalam salah satu pita frekuensi mobilitas terbatas.
Dropped call adalah panggilan yang berhasil dilakukan namun tiba-tiba terputus.
Blocked call adalah panggilan yang tidak dapat tersambung yang diakibatkan adanya gangguan pada Jaringan Tetap Mobilitas Terbatas.
Kinerja Layanan Pesan Singkat adalah prosentase jumlah pesan singkat terkirim dengan interval waktu tertentu antara pesan dikirim dan pesan diterima.
Pemakai adalah perseorangan, badan hukum, instansi pemerintah yang menggunakan jasa pada Jaringan Tetap Mobilitas Terbatas yang tidak berdasarkan kontrak.
Pelanggan adalah perseorangan, badan hukum, instansi pemerintah yang menggunakan jasa pada Jaringan Tetap Mobilitas Terbatas yang berdasarkan kontrak.
Pengguna adalah pemakai dan pelanggan.
Hari kerja adalah hari Senin sampai dengan Jumat, kecuali hari libur umum 1 nasional.
Jam sibuk adalah setiap jam dalam suatu periode sibuk antara jam 9 sampai jam 12 dan antara jam 14 dan jam 17 sesuai waktu setempat pada suatu hari kerja.
Penyelenggara jasa adalah penyelenggara jasa pada jaringan tetap mobilitas terbatas yang memberikan layanan yang meliputi salah satu atau gabungan dari penyelenggara teleponi dasar atau jasa-jasa lain melalui jaringan tetap mobilitas terbatas.
Jasa pada jaringan tetap mobilitas terbatas adalah layanan yang meliputi salah satu atau gabungan dari penyelenggaraan-teleponi dasar atau jasa-jasa lain melalui jaringan tetap mobilitas terbatas, termasuk sarana atau jaringan yang mendukungnya.
Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang dapat terjadi sewaktu-waktu, tidak dapat diduga dan untuk di luar kemampuan manusia dengan segala daya serta upaya untuk mengatasinya seperti : bencana alam , pemberontakan, huru-hara, perang, kebakaran, sabotase, dan pemogokan umum.
Pihak Ketiga adalah Pihak selain penyelenggara jasa dan pelanggan.
BRTI adalah Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.
BAB II
KEWAJIBAN PEMEGANG IZIN
Pasal 2
Setiap penyelenggara jasa teleponi dasar pada jaringan tetap mobilitas terbatas wajib memenuhi standar kualitas pelayanan dan kinerja jaringan sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri ini.
Setiap penyelenggara jasa teleponi dasar pada jaringan tetap mobilitas terbatas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib membuat perjanjian Service Level Agreement (SLA) dengan penyelenggara jasa lain atau penyelenggara jaringan lain yang terhubung untuk menjamin pemenuhan standar kualitas pelayanan dan kinerja jaringan sesuai ketentuan Peraturan Menteri ini.
BAB III
KINERJA LAYANAN
Bagian Pertama
Standar Kinerja Tagihan
Pasal 3
Prosentase keluhan atas akurasi tagihan dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tagihan harus < 5% dari jumlah seluruh tagihan pada bulan tersebut.
Perhitungan prosentase keluhan atas akurasi tagihan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :
Jumlah keluhan atas akurasi tagihan selama satu bulan tagihan/Jumlah seluruh tagihan selama satu bulan × 100%
Pasal 4
Prosentase penyelesaian keluhan atas akurasi tagihan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 harus > 90% dari total keluhan atas akurasi tagihan.
Penyelesaian keluhan atas akurasi tagihan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib diselesaikan dalam jangka waktu 15 (lima belas) hari kerja terhitung sejak keluhan diterima.
Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak berlaku untuk keluhan atas akurasi tagihan yang timbul terkait dengan Pihak Ketiga
Pasal 5
Prosentase penyelesaian keluhan atas akurasi charging pra bayar harus > 90% dari total keluhan atas akurasi charging pra bayar.
Penyelesaian keluhan atas akurasi charging pra bayar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib diselesaikan dalam jangka waktu 15 (lima belas) hari kerja terhitung sejak keluhan diterima.
Sepuluh persen (10%) dari total keluhan atas akurasi charging pra bayar yang belum terselesaikan dalam jangka waktu 15 (lima belas) hari kerja harus diselesaikan seluruhnya.
Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak berlaku untuk keluhan atas akurasi charging pra bayar yang timbul terkait dengan Pihak Ketiga.
Pasal 6
Perhitungan Prosentase penyelesaian keluhan tagihan atas akurasi charging pra bayar didasarkan pada rasio sebagai berikut :
Jumlah keluhan tagihan yang diselesaikan dalam 1 periode/Jumlah keluhan tagihan yang diterima dalam 1 periode tagihan × 100%
Penyelenggara jasa wajib memelihara rekaman data prosentase penyelesaian keluhan tagihan untuk setiap periode tagihan dan menyimpannya selama 3 (tiga) bulan.
Bagian Kesatu
Standar Pemenuhan Permohonan Aktivasi
Pasal 7
Pemenuhan permohonan aktivasi dilakukan terhadap :
calon pelanggan pasca bayar;
calon pemakai pra bayar.
Pasal 8
Prosentase pemenuhan permohonan aktivasi yang dilakukan oleh penyelenggara jasa terhadap calon pelanggan pasca bayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf a, dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja terhitung sejak disetujuinya permohonan aktivasi pasca bayar harus > 90% dari total permohonan aktivasi pasca bayar.
Persyaratan permohonan aktivasi pasca bayar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mencakup verifikasi alamat dan kelengkapan dokumen.
Prosentase pemenuhan permohonan aktivasi yang dilakukan oleh penyelenggara jasa terhadap calon pelanggan pra bayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf b, dalam interval waktu 24 (dua puluh empat) jam terhitung sejak diselesaikannya proses registrasi pra bayar dan diterima secara lengkap oleh penyelenggara jasa harus > 98% dari total permohonan aktivasi pra bayar.
Sepuluh persen (10%) dari permohonan aktivasi pasca bayar yang tidak terselesaikan dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja dan 2% dari permohonan aktivasi pra bayar yang tidak terselesaikan dalam interval waktu 24 (dua puluh empat) jam harus diselesaikan seluruhnya.
Pasal 9
Perhitungan prosentase pemenuhan permohonan aktivasi pasca bayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :
Jumlah permohonan aktivasi pasca bayar terpenuhi dalam 12 bulan/Jumlah seluruh permohonan aktivasi dalam 12 bulan × 100%
Perhitungan prosentase pemenuhan permohonan aktivasi pra bayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (2) didasarkan pada rasio sebagai berikut :
Jumlah permohonan aktivasi pra bayar terpenuhi dalam 12 bulan/Jumlah seluruh permohonan yang sudah registrasi dalam 12 bulan × 100%
Pasal 10
Permohonan aktivasi pasca bayar tidak dimasukkan dalam perhitungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 apabila terjadi :
kesalahan pemberian alamat oleh pelanggan;
kerusakan pada fasilitas jaringan akibat Force Majeure;
kerusakan pada fasilitas jaringan akibat pihak ketiga;
pelanggan membatalkan atau menunda permohonan;
fasilitas jaringan belum tersedia.
kerusakan pada terminal pelanggan.
Bagian Ketiga
Standar Penanganan Keluhan Umum Pelanggan
Pasal 11
Prosentase penanganan keluhan umum pelanggan yang ditanggapi dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan harus > 85% dari total keluhan pelanggan yang diterima.
Perhitungan prosentase penanganan keluhan umum pelanggan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut.
Jumlah seluruh keluhan yang ditanggapi selama 12 bulan/Jumlah seluruh keluhan yang diterima selama 12 bulan × 100%
Bagian Keempat
Standar Tingkat Laporan Gangguan Layanan
Pasal 12
Tingkat laporan gangguan layanan yang dinyatakan dalam jumlah laporan gangguan layanan untuk setiap 1000 (seribu) pelanggan harus < 50 laporan dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan.
Pasal 13
Laporan gangguan layanan tidak dimasukkan dalam perhitungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 apabila terjadi :
kerusakan perangkat pelanggan;
gangguan karena perbuatan penyedia layanan lain;
panggilan yang tidak berhubungan dengan laporan gangguan layanan.
Bagian Kelima
Standar Service Level Call Center Layanan Pelanggan
Pasal 14
Prosentase jawaban operator call center terhadap panggilan pelanggan dalam interval waktu 30 Olga puluh) detik harus > 75% dari total panggilan yang diterima.
Jawaban operator call center terhadap panggilan pelanggan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dihitung sejak pelanggan menekan menu berbicara dengan operator.
Pasal 15
Perhitungan prosentase jawaban operator call center terhadap panggilan pelanggan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :
Panggilan yang dijawab dalam 30 detik/ Jumlah panggilan yang diterima - jumlah panggilan terputus dalam 5 detik × 100%
Jawaban operator call center terhadap panggilan pelanggan tidak dimasukkan dalam perhitungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) apabila terjadi :
kerusakan pada fasilitas jaringan karena force majeure seperti gempa bumi dan banjir.
kekurangan kapasitas call center karena operator- tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya akibat force majeure.
Pasal 16
Penyelenggara jasa wajib memelihara rekaman data perhitungan prosentase jawaban operator call center terhadap panggilan pelanggan setiap bulan dan menyimpannya selama 3 (tiga) bulan.
BAB IV
KINERJA JARINGAN
Bagian Pertama
Standar Endpoint Service Availability
Pasal 17
Prosentase jumlah panggilan yang tidak mengalami dropped call dan blocked call pada jaringan tetap mobilitas terbatas milik penyelenggara jasa (on net) harus > 90%.
Perhitungan prosentase jumlah panggilan yang tidak mengalami dropped call dan blocked call sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :
Jumlah panggilan yang dicoba, jumlah dropped calls, jumlah blocked calls/ Jumlah panggilan yang dicoba.× 100%
Pasal 18
Prosentase dropped call untuk panggilan dalam jaringan milik penyelenggara jasa (on net) harus < 5%.
Metode perhitungan prosentase dropped call sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :
Jumlah dropped call/ Jumlah panggilan yang dicoba × 100%
Pasal 19
Metode perhitungan endpoint service availability yang dilakukan oleh penyelenggara jasa adalah sebagai berikut :
perhitungan dalam jaringan milik penyelenggara jasa dilakukan pada hari kerja dengan uji statik dan system drive test sebagai berikut 50 : 50.
Pengukuran antar jaringan dilakukan pada hari kerja dengan uji statik.
Durasi rangkaian pengujian untuk uji statik dan drive test dilakukan selama GO (enam puluh) detik dengan interval waktu antar panggilan tidak boleh lebih dari 10 (sepuluh) detik yang diatur pada alat ukur.
Pasal 20
Perhitungan prosentase antar jaringan, terminating end point harus berada pada nomor uji yang tertempel pada suatu mobile switching center.,
Pasal 21
Uji statik dilakukan sebagai berikut :
uji dilakukan dengan posisi tidak bergerak dalam wilayah yang dapat diakses publik yang berada dalam wilayah cakupan penyelenggara jasa;
pengukuran harus didasarkan pada test call sampling pada hari-hari kerja.
ukuran sampel minimum adalah sebanyak 200 test call.
Pasal 22
Sistem drive test adalah sebagai berikut :
pengujian dilakukan ketika berkendaraan di jalan utama dan daerah perdagangan dan pemukiman padat penduduk;
jumlah sampel untuk pengujian sebagaimana dimaksud pada huruf a ditentukan sebanyak minimum 260 (dua ratus enam puluh) panggilan uji (test call) atau sebanyak panggilan yang dilakukan selama waktu berkendaraan selama 5 (lima) jam dengan interval waktu 10 (sepuluh) detik;
antena perangkat bergerak yang memanggil dan yang menerima harus ditempatkan pada ketinggian yang sama dan dalam kendaraan yang sama.
Bagian Kesatu
Standar Kinerja Layanan Pesan Singkat
Pasal 23
Dalam hal penyelenggara jasa menyelenggarakan layanan pesan singkat maka prosentase jumlah pesan singkat yang berhasil dikirim dengan interval waktu antara pengiriman dan penerimaannya tidak lebih dari 3 (tiga) menit harus > 75% dari pesan singkat yang terkirim antar jaringan.
Perhitungan prosentase jumlah pesan singkat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada rasio sebagai berikut :
Jumlah pesan singkat yang terkirim dalam 3 menit/ Jumlah pesan singkat yang terkirim dalam periode waktu pengujian × 100%
Pasal 24
Perhitungan kinerja layanan pesan singkat diberlakukan pada jam sibuk baik dalam jaringan penyelenggara jasa yang sama dengan menggunakan pengujian secara sampling.
Pasal 25
Perhitungan kinerja layanan pesan singkat dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) handset yang memiliki spesifikasi teknis yang sama dengan penempatan handset di lokasi statis dan kekuatan signal yang penuh serta mengacu pada hasil drive test.
Penggunaan 2 (dua) handset sebagaimana dimaksud pada ,ayat (1), dengan ketentuan 1 (satu) handset untuk mengirimkan pegan singkat, sedangkan 1 (satu) handset yang lain untuk menerima pesan singkat.
Pasal 26
Jumlah sampel pesan singkat „paling banyak 100 (seratus) pesan singkat.
Interval waktu antara setiap pesan singkat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah 10 (sepuluh) menit.
Jumlah maksimum karakter dalam setiap pengiriman pesan singkat adalah 160 (seratus enam puluh) karakter.
BAB V
PELAPORAN
Pasal 27
Penyelenggara jasa wajib menyimpan seluruh rekaman data perhitungan parameter standar kualitas pelayanan dan wajib melaporkan pencapaian standar kualitas pelayanan kepada BRTI.
Laporan pencapaian standar kualitas pelayanan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sudah harus diserahkan kepada BRTI paling lambat 6 (enam) minggu terhitung sejak tanggal 31 Desember sebagai masa akhir periode laporan.
Pasal 28
Laporan pencapaian standar kualitas pelayanan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 harus sesuai format sebagaimana dimaksud Lampiran Peraturan Menteri ini.
Laporan pencapaian standar kualitas pelayanan sebagaimana dimaksud ayat (1) harus disertai dengan pernyataan bahwa laporan yang dibuat adalah benar dan akurat serta ditandatangani oleh direktur utama di atas materai cukup.
Pasal 29
BRTI harus mempublikasikan pencapaian standar kualitas pelayanan penyelenggara jasa sesuai ketentuan Peraturan Menteri ini.
Pasal 30
Penyelenggara jasa wajib mempublikasikan pencapaian standar kualitas pelayanan dalam situs resmi masing-masing dan setiap tiga (3) bulan diperbaharui.
BAB VI
PENILAIAN PENCAPAIAN STANDAR KUALITAS PELAYANAN
Pasal 31
Untuk memverifikasi akurasi laporan pencapaian standar kualitas pelayanan penyelenggara jasa, BRTI dapat melakukan penilaian.
Tatacara pelaksanaan penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dalam Peraturan Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi.
BAB VII
SANKSI DAN PENGHARGAAN
Pasal 32
Setiap penyelenggara jasa 'Ong tidak memenuhi ketentuan parameter standar kualitas pelayanan sesuai tolok ukur sebagaimana dimaksud dalam Lampiran Peraturan Menteri ini dikenakan sanksi denda yang besarannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Mekanisme pengenaan sanksi denda sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dalam Peraturan Menteri tersendiri.
Pasal 33
Sanksi denda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32 tidak menghilangkan kewajiban penyelenggara jasa untuk memberikan kompensasi terhadap kerugian yang dialami oleh pelanggan akibat kelalaian penyelenggara jasa dalam memenuhi standar kualitas pelayanan.
Pasal 34
BRTI memberikan penghargaan kepada penyelenggara jasa yang memenuhi standar kualitas pelayanan.
Penghargaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa pengumuman pencapaian standar kualitas pelayanan penyelenggara dan pemberian sertifikat penghargaan.
BAB VIII
KETENTUAN PENUTUP
Pasal 35
Dengan berlakunya Peraturan Menteri ini, maka ketentuan kinerja layanan dan kinerja jaringan sebagaimana dimaksud dalam setiap izin penyelenggaraan jasa teleponi dasar pada jaringan tetap mobilitas terbatas dinyatakan tidak berlaku dan wajib mengacu pada standar kualitas pelayanan yang diatur dalam ketentuan Peraturan Menteri ini.
Pasal 36
Peraturan Menteri ini mulai berlaku setelah 3 (tiga) bulan sejak tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di : JAKARTA
Pada tanggal : 21 April 2008
MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA,
ttd.
MOHAMMAD NUH
SALINAN Peraturan ini disampaikan kepada :
1. Presiden Republik Indonesia;
2. Wakil Presiden Republik Indonesia :
3. Ketua Badan Pemeriksa Keuangan :
4. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian;
5. Menteri Keuangan;
6. Menteri Perindustrian;
7. Menteri Perdagangan;
8. Menteri Luar Negeri :
9. Menteri dalam Negeri;
10. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia;
11. Sekretaris Negara;
12. Jaksa Agung Republik Indonesia;
13. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi;
14. Para Gubernur Kepala Daerah Provinsi seluruh Indonesia.
Meta | Keterangan |
---|---|
Tipe Dokumen | Peraturan Perundang-undangan |
Judul | Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 13 Tahun 2008 tentang Standar Kualitas Pelayanan Jasa Tele[poni Dasar pada Jaringan Tetap Mobilitas Terbatas |
T.E.U. Badan/Pengarang | Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika |
Nomor Peraturan | 13 |
Jenis / Bentuk Peraturan | Peraturan Menteri |
Singkatan Jenis/Bentuk Peraturan | PERMEN |
Tempat Penetapan | Jakarta |
Tanggal-Bulan-Tahun Penetapan/Pengundangan | 21-04-2008 / 21-04-2008 |
Sumber |
Dengan berlakunya Peraturan Menteri ini, maka kinerja layanan dan kinerja jaringan yang tercantum dalam setiap izin penyelenggaraan jasa teleponi dasar pada jaringan tetap mobilitas terbatas dinyatakan tidak berlaku dan wajib mengacu pada standar kualitas pelayanan yang diatur dalam ketentuan Peraturan Menteri ini. - Peraturan Menteri ini ditetapkan pada tanggal 21 April 2008. - Lamp. : 2 Hlm. |
Subjek | JARINGAN TETAP MOBILITAS TERBATAS - STANDAR KUALITAS PELAYANAN JASA TELEPONI DASAR |
Status Peraturan |
Tidak Berlaku
Keterangan Dicabut: |
Bahasa | Indonesia |
Lokasi | BIRO HUKUM |
Bidang Hukum | - |
Lampiran |