Berita

Knowledge Sharing Pengelola JDIH Kementerian Perdagangan dengan JDIH Kementerian Kominfo

Rabu, 08 Mei 2024Diterbitkan pada

Jakarta, 7/05/2024 – Pada hari Selasa, 7 Mei 2024, Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Perdagangan (JDIH Kemendag) melakukan kunjungan ke JDIH Kementerian Komunikasi dan Informatika (JDIH Kemkominfo). Kunjungan ini dimaksudkan untuk melakukan knowledge sharing terkait pengelolaan JDIH baik di lingkungan Kementerian Perdagangan maupun JDIH Kementerian Kominfo.

Pada kesempatan ini, pengelola JDIH Kementerian Perdagangan banyak bertanya terkait teknis pengelolaan JDIH Kementerian Kominfo. Lailah, person in charge (PIC) Dokumentasi Hukum, Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo menjelaskan bahwa dalam pengelolaannya sehari-hari, JDIH Kemkominfo dikelola oleh 3 personil Tim Pengelola JDIH Kemkominfo dan 1 Ketua Tim Bantuan dan Dokumentasi Hukum yang berasal dari Biro Hukum, dengan melibatkan Tim Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI) terkait teknis website serta Tim Pengelola JDIH Kemkominfo di satuan kerja lain.

Pengelola JDIH Kementerian Perdagangan juga menanyakan terkait pelibatan tim di luar Biro Hukum tersebut sehingga dapat memenuhi indikator pengelolaan JDIH. Lailah menjelaskan, “Jika terdapat kekurangan yang tidak dapat dipenuhi oleh kami di Biro Hukum, maka kami berkolaborasi dengan teman-teman satuan kerja di internal Kominfo. Misalnya saja kami tidak memiliki anggaran untuk mengadakan perpustakaan khusus JDIH, sehingga kami berkolaborasi dengan Biro Humas untuk menyediakan pojok JDIH yang berisi rak khusus koleksi buku hukum. Kami juga selalu bernodin (mengirimkan nota dinas) dengan teman-teman di satuan kerja jika kami membutuhkan bantuan. Terakhir, selalu menjaga hubungan baik dengan teman-teman satuan kerja supaya dapat berkolaborasi dengan baik.”

comments powered by Disqus