Berita

Benchmarking Pengelola JDIH Kementerian Komunikasi dan Informatika ke Pengelola JDIH Provinsi Jawa Tengah

Senin, 10 Juni 2024Diterbitkan pada

Jakarta, 10/06/2024 – Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika (JDIH Kemkominfo) telah melakukan kunjungan kerja ke Tim Pengelola JDIH Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 7 Juni 2024, di Kantor Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Semarang. Tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan knowledge sharing terkait pengelolaan JDIH.

Kunjungan diterima oleh Haryono Widyastomo selaku Koordinator Peraturan Perundang-Undangan dengan didampingi Tim Pengelola JDIH Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini, Tim Pengelola JDIH Provinsi Jawa Tengah berbagi banyak pengetahuan terkait pengelolaan JDIH di tingkat Provinsi.

Pengelolaan JDIH di tingkat Provinsi seperti Jawa Tengah, tidak hanya berfokus pada dokumen hukum tingkat provinsi saja, melainkan melibatkan pengelolaan dokumen hukum di bawahnya. Dalam pengelolaannya, JDIH Provinsi Jawa Tengah dikelola oleh tim teknis dari Biro Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, JDIH Provinsi Jawa Tengah juga memiliki beberapa anggota di lingkup Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari Kanwil Kementerian/Lembaga Non-Kementerian, Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Swasta/Negeri, Kabupaten/Kota, serta organisasi perangkat daerah (OPD) seperti Biro, Dinas, dan Badan.

Untuk memastikan anggota JDIH Provinsi Jawa Tengah melakukan pengelolaan JDIH dengan baik, tim teknis JDIH Provinsi Jawa Tengah rutin mengadakan monitoring dan evaluasi serta rapat koordinasi pengelolaan JDIH yang ditujukan kepada anggota JDIH Kabupaten/Kota. Tidak hanya itu, JDIH Provinsi Jawa Tengah turut memfasilitasi dan memberikan ruang konsultasi untuk pengembangan website JDIH Kabupaten/Kota. Adapun di tingkat Perguruan Tinggi, JDIH Provinsi Jawa Tengah turut berpartisipasi untuk membangun website JDIH Perguruan Tinggi.

Sesi knowledge sharing berjalan dengan lancar, pengelola JDIH Kementerian Kominfo sangat antusias dalam mempelajari pengelolaan website JDIH Provinsi Jawa Tengah. Di penghujung kegiatan, pengelola JDIH Kementerian Kominfo dan pengelola JDIH Provinsi Jawa Tengah saling memberikan masukan dan saran terkait pengelolaan JDIH di instansi masing-masing dengan harapan keduanya dapat mengoptimalkan pengelolaan JDIH. 

comments powered by Disqus