Berita

Kunjungan Kerja Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kemkominfo Ke Kantor Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, Badan Pembinaan Hukum Nasional

Selasa, 20 Februari 2024Diterbitkan pada
Jakarta, 20/02/2024 – Pengelola JDIH Kementerian Komunikasi dan Informatika (JDIH Kemkominfo) melakukan kunjungan kerja ke kantor pusat JDIHN Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), pada hari Selasa, 20 Februari 2024, di Cililitan Jakarta Timur. Tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan koordinasi dan konsultasi dalam rangka peningkatan, pengembangan, dan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola JDIH Kemkominfo.

Katarina Rosariani, Ketua Tim Pokja Sistem Pelayanan Dokumen dan Publikasi Hukum, dalam pembukaan menyampaikan struktur organisasi Pusat JDIHN yang terbagi menjadi 3 Tim Pokja, yaitu: Sistem dan Basis Data, Sistem Pelayanan Dokumen dan Publikasi Hukum, dan Sistem Jaringan Informasi Hukum. Dalam pengelolaannya, JDIHN mengedepankan konsep ‘swadaya’, anggota JDIHN yang memiliki potensi tertentu harus proaktif dan berinovasi dengan sebaik-baiknya dengan melibatkan JDIHN sebagai Pusat JDIHN.
 
Selanjutnya terkait pengelolaan monografi hukum, Claudia Valeriana, Ketua Tim Sistem Jaringan Informasi Hukum, menjelaskan bahwa dalam mengelola monografi hukum, Pusat JDIHN memiliki perpustakaan fisik yang berada pada satu gedung yang sama dengan ruang kerja Tim Pusat JDIHN. Sistem perpustakaan yang dikelola oleh Pusat JDIHN merupakan perpustakaan dengan sistem tertutup, yaitu pengguna layanan perpustakaan tidak dapat melihat dan mengambil buku yang terdapat di etalase buku perpustakaan, melainkan pengguna layanan harus meminta kepada pustakawan untuk mengambilkan buku yang pengguna layanan inginkan.

Pada kunjungan ini, Lailah, PIC Dokumentasi Hukum Biro Hukum Kemkominfo, menyampaikan ucapan terima kasih atas komitmen dari Pusat JDIHN BPHN dalam melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap JDIH Kemkominfo selama ini. (Lailah)

comments powered by Disqus