Berita

Rapat Evaluasi Pengelolaan JDIH Kemkominfo Tahun 2023 dan Pengembangan Layanan JDIH Kemkominfo Tahun 2024

Sabtu, 05 Oktober 2024Diterbitkan pada
Jakarta, 04/10/2024 – Pada tanggal 4 Oktober 2024, Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo (Kemkominfo) mengadakan “Rapat Evaluasi Pengelolaan JDIH Kemkominfo Tahun 2023 dan Pengembangan Layanan JDIH Kemkominfo Tahun 2024” bertempat di Avenzel Hotel and Convention Cibubur, Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan rapat dihadiri oleh Tim Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kementerian Kominfo dan Tim JDIHN BPHN Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Rapat dibuka oleh Titi Hapsari selaku Ketua Tim Tata Usaha, Biro Hukum, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dalam pembukaannya, Titi menyampaikan bahwa tujuan rapat adalah untuk menerima masukan hasil evaluasi BPHN terhadap pengelolaan JDIH Kemkominfo Tahun 2023 dan pengembangan JDIH Kemkominfo Tahun 2024 serta mendapatkan feedback terhadap inovasi JDIH Kemkominfo Tahun 2024.

Jonny Pesta Simamora, Kepala Pusat JDIHN BPHN Kemenkumham menyampaikan bahwa peningkatan pengelolaan JDIH tahun 2024 dapat dilakukan dengan melakukan beberapa upaya. “Pengelola JDIH perlu melakukan monitoring secara berkala, menyesuaikan pengelolaan JDIH dengan standar Permenkumham, menambah koleksi dokumen hukum pada tahun berjalan, melakukan pengamanan website dan backup data JDIH, melakukan promosi melalui media sosial dan media cetak, serta melakukan inovasi,” tegas Jonny.

Pusat JDIHN BPHN Kemenkumham, dalam hal ini Diden Priya Utama menyampaikan bahwa kekurangan JDIH Kemkominfo atas pengelolaan tahun 2023 terletak pada poin inovasi. Diden menekankan, “Sesuatu yang sudah ada pada indikator penilaian tidak dapat dikategorikan sebagai inovasi.”

Setelah menerima evaluasi dari Pusat JDIHN, agenda dilanjutkan dengan presentasi pengembangan (inovasi) JDIH Kemkominfo tahun 2024. Presentasi disampaikan oleh Lailah, person in charge (PIC) Dokumentasi Hukum Biro Hukum Kementerian Kominfo yang menyampaikan deskripsi dari inovasi JDIH Kemkominfo, tujuan pengembangan inovasi, dan kelebihan dari inovasi tersebut.

Agenda rapat secara keseluruhan berjalan dengan lancar, Pengelola JDIH Kemkominfo mendapatkan banyak feedback dari Pusat JDIHN BPHN baik terkait pengelolaan JDIH serta inovasi yang telah dikembangkan tahun 2024.
comments powered by Disqus