Berita

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Biro Hukum

Kamis, 22 Agustus 2024Diterbitkan pada

Jakarta, 21/08/2024 – Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) menyelenggarakan kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Biro Hukum pada tanggal 21 Agustus 2024, bertempat di The Orient Hotel Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh master of ceremony (MC) yang bertugas untuk memandu peserta selama acara berlangsung, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta kegiatan, serta pembacaan doa. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Bertiana Sari selaku Kepala Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo.

Agenda selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh narasumber. Pada kesempatan ini, Biro Hukum mengundang 2 (dua) narasumber yaitu Randy Dwi Pranaputra dari Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Kominfo, dan perwakilan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Kominfo.

Pada sesi pemaparan materi, Randy menyampaikan bahwa Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Randy Dwi Pranaputra turut menyampaikan bahwa Biro Hukum merupakan satuan kerja ke-3 di lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo yang membangun Zona Integritas. “Satuan kerja yang pertama mencanangkan Pembangunan Zona Integritas adalah Sekretariat Komisi Informasi Pusat (KIP), dilanjutkan oleh Biro Kepegawaian dan Organisasi, lalu Biro Hukum,” ujar Randy.

Setelah pemaparan materi dari Randy, agenda dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Kominfo. Pada sesi ini, peserta kegiatan diperlihatkan bagaimana cara kerja aplikasi e-ziko (e-Zona Integritas Kominfo), sarana pendukung bagi satuan kerja di lingkungan Kementerian Kominfo untuk mewujudkan WBK/WBMM.

Acara diakhiri dengan penandatanganan “Pakta Integritas” oleh Kepala Biro Hukum dan perwakilan pegawai Biro Hukum serta foto bersama dengan seluruh peserta kegiatan.

comments powered by Disqus