Berita

Kemkominfo Konsolidasikan Humas Seluruh Kementerian Sambut MEA 2015

Rabu, 30 April 2014Diterbitkan pada

Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merintis pengonsolidasian satuan kerja hubungan masyarakat (humas) di lingkungan kementerian dan lembaga pemerintah untuk menyambut era pasar tunggal ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Kami akan melibatkan Bagian Humas semua kementerian dan lembaga pemerintah melalui Bakohumas dalam menyambut MEA 2015, kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Freddy H. Tulung, Selasa (29/4).

Menurut Freddy yang juga Ketua Umum Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas), peran humas instansi pemerintah sangat signifikan di era MEA dalam hal sosialisasi dan edukasi kebijakan kepada masyarakat. Pihaknya menilai perlunya peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pada satuan kerja Humas. “Peran kehumasan dalam menghadapi MEA 2015 memerlukan peningkatan kompetensi SDM di dalamnya”, ujarnya.

Dia menambahkan, Bakohumas menggelar sejumlah forum untuk mengonsolidasikan humas instansi pemerintah yang tergabung dalam Bakohumas. Salah satu yang dilakukan di antaranya pertemuan Bakohumas di Batu, Malang, Jawa Timur, pada 29-30 April 2013.

Forum ini mempertemukan 250 orang dari Bakohumas Regional Indonesia Tengah, nanti dua pekan lagi dilakukan untuk wilayah timur dan barat, imbuhnya.

Pertemuan itu mengagendakan di antaranya upaya peningkatan kompetensi SDM humas melalui bimbingan teknis, pelatihan, dan tukar pengalaman profesi kehumasan antara peserta, kata Freddy (Ajo).

comments powered by Disqus