Berita

Rapat Peningkatan dan Pengembangan JDIH Kemkominfo

Jumat, 25 Agustus 2023Diterbitkan pada
Jakarta, 25/08/2023 – Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah mengadakan “Rapat Peningkatan dan Pengembangan JDIH Kemkominfo” pada tanggal 25 Agustus 2023 di Hotel Mercure Karawang, Karawang, Jawa Barat. Pada kesempatan ini, Nofli selaku Kepala Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN), BPHN, Kemenkumham hadir bersama dengan beberapa anggota JDIHN lainnya.

Rapat dibuka oleh Mashuri Gustriono selaku Ketua Tim Bantuan dan Dokumentasi Hukum Biro Hukum Kemkominfo. Dalam pembukaannya, Mashuri menyampaikan bahwa JDIH Kemkominfo telah melakukan pengelolaan JDIH sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2019 tentang Standar Pengelolaan Dokumen dan Informasi Hukum. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan berkaitan dengan website JDIH sehingga dibutuhkan redesign website.

Kepala Pusat JDIHN turut memberikan pesan kepada Tim Pengelola JDIH Kemkominfo supaya dapat memaksimalkan pengelolaan JDIH di instansi. Terlebih dikarenakan penilaian Indeks Reformasi Hukum (IRH) untuk variabel JDIH akan dinilai dari pengelolaan JDIH secara keseluruhan, tidak lagi dengan pengisian data dukung. sehingga tantangan bagi Tim Pengelola JDIH ke depannya akan semakin besar. 

Secara keseluruhan, Rapat Peningkatan dan Pengembangan JDIH Kemkominfo berjalan dengan lancar. Semoga setelah kegiatan ini, Tim Pengelola JDIH Kemkominfo dapat menindaklanjuti “pekerjaan rumah” terkait pengelolaan JDIH Kemkominfo dan mampu menghadapi berbagai tantangan yang menanti. 
comments powered by Disqus