Daftar Inventarisasi Peraturan
Pencarian

PERKARA HUKUM PERDATA NOMOR No: 172 /PDT.G/2016/PN.JKT.PST (Perkara IM2)

Penggugat

1. Indar Atmanto (Penggugat I)

2. IM2 (Penggugat II)

Tergugat

1. Menkominfo (Tergugat I)

2. BPKP (Terggugat II)

Turut Tergugat
Obyek Sengketa

Gugatan PMH akibat kelalaian yang dilakukan oleh Menkominfo dalam menjalankan tugas pembinaan dan pengawasan terhadap kegiatan usaha PT IM2 yang mengakibatkan Penggugat I menjadi terpidana dan IM2 turut membayar denda pidana.

Keterangan
  1. Pada tingkat pertama perkara telah diputus tanggal 6 Maret 2017 tidak dapat diterima (NO), sehingga Kementerian Kominfo dan BPKP dimenangkan.
  2. Atas putusan tingkat pertama tersebut Indar Atmanto dan IM2 mengajukan Banding, dan perkara telah diputus tanggal 15 Agustus 2017 mengabulkan sebagian besar petitum PT. Indosat Tbk, dan Kementerian Kominfo serta BPKP dinyatakan telah melakukan perbuatan melawan hukum (Kementerian Kominfo dan BPKP kalah).
  3. Atas dasar tersebut kemudian Kementerian Kominfo mengajukan upaya hukum kasasi pada tanggal 20 Desember 2017, dan perkara telah diputus tanggal 24 Juli 2018, berdasarkan Putusan MA No. 1392 K/PDT/2018, yang amarnya menolak permohonan Kasasi dari Kemkominfo dan BPKP (Kemkominfo dan BPKP kalah)
  4. Pada tingkat pertama sampai Tingkat Kasasi Perkara ditangani oleh Jaksa Pengacara Negara (JPN).
  5. Berkenaan dengan upaya hukum PK atas putusan kasasi dimaksud Kemkominfo masih mengkaji lebih lanjut untuk mengajukan upaya hukum PK. Adapun tenggang waktu pengajuan PK adalah 180 hari setelah Putusan diterima pada tanggal 18 Februari 2019.